Jumat, 08 Januari 2010

K3LH (HSE)




Jarak Aman untuk Pipa Penyalur Gas
Untuk instalasi pipeline yang menggunakan (termasuk crossing) daerah milik jalan dan jalur kereta api, coba lihat PP No.34 tahun 2006 tentang "jalan" dan Kepmenhub No.KM 53 tahun 2000 tentang "perpotongan dan/atau persinggungan antara jalur kereta api dengan bangunan lainnya".[ Lanjut .. ] 21 /12 /09 13:04:04Rangkuman DiskusiMencegah bahaya kejatuhan benda
Penggunaan NET atau jaring sudah biasa di terapkan di project bangunan bertingkat tinggi,khususnya di perkotaan dimana aktifitas disekitarnya cukup tinggi. Kalau anda ada waktu,cobalah jalan2 dan tanyakan kepada pihak kontraktor pembangunan gedung di sekitar BALOI di belakang BCS mal ada project bangunan dan mereka menggunakannya. [ Lanjut .. ] 17 /12 /09 13:33:53Rangkuman DiskusiPenerbangan bagi wanita hamil
Secara global, ada aturan di maskapai khususnya di International Flight sperti, Emirates, SQ, Qatar, dsb kalau Ibu hamil diperbolehkan untuk terbang diatas usia 28 minggu dan dibawah usia 32 minggu (skitar 8 bulan) harus ada surat dokter yang menunjukkan kalau kondisi ibu dan kandungan sehat dan kuat. Diatas 32 minggu biasanya maskapai penerbangan tidak mau menerima lagi karena tidak mau mengambil resiko.[ Lanjut .. ] 13 /11 /09 13:00:27Rangkuman DiskusiStandard Jarak Tank Storage
Tangki dengan volume berkisaran antara 5000-33000 liter maka jarak antar tangki minimum adalah 6 meter. Tetapi ada aturan lain, yaitu untuk tangki yang dibuat dalam satu group tangki kecil, maka jarak antar tangki untuk volume tersebut tetapi diameter tangki dibawah 10 m adalah 2 meter atau lebih. Jarak antara satu group tangki dengan group tangki kecil lainnya adalah 15 meter. Jarak minimum antar tangki dengan batas dari site tangki, atau bangunan, atau area proses untuk ukuran tangki yang dimaksud adalah 6 meter.[ Lanjut .. ] 12 /11 /09 14:08:23Rangkuman DiskusiStandar Penggunaan Safety Helmet
Adakah yang dapat memberikan informasi standar penggunaan safety helmet, khususnya penggunaan "tali pengikat" ? Apakah diijinkan jika tali tidak dikenakan?[ Lanjut .. ] 11 /11 /09 07:12:20Rangkuman DiskusiCara mengatasi kebakaran bahan bakar solar
Kebakaran dapat diklasifikasikan menjadi 4 macam: 1. Kelas A: Bahan mudah terbakar padat bukan logam (kertas, plastik, kayu, pakaian sejenisnya) - Alat pemadam menggunakan air; 2. Kelas B: Bahan cair mudah terbakar (bensin, solar, minyak tanah sejenisnya)- Alat pemadam menggunakan bahan kimia kering (CO2, busa); 3. Kelas C: Listrik bertegangan tinggi dan bahan gas (gas alam, gas LPG)- Alat pemadam menggunakan bahan kimia kering (CO2); 4. Kelas D: Logam mudah terbakar, magnesium, alumunium, kalium, dll- Alat pemadam menggunakan alat pemadam spesial.[ Lanjut .. ] 09 /11 /09 13:40:23Rangkuman DiskusiMaximal Length of Monkey Ladder
Apakah rekan2 ada yg tahu mengenai standar utk pembuatan mongkey ladder ( tangga vertikal )di konstruksi bangunan ( biasanya di platform migas atau petrokimia ). Mengenai batasan maksimal panjang ( tinggi ) yg diperbolehkan ? berdasarkan standar keselamatan kerja, dalam arti berapa tinggi tangga masih diperbolehkan sehingga masih aman di pergunakan.[ Lanjut .. ] 09 /11 /09 13:39:37Rangkuman DiskusiPerhitungan Incident Rate
Ada dua standard tentang perhitungan incident rate: 1. Standart ILO IR= (jumlah kecelakaan yang terjadi/jumlah jam kerja)* 1.000.000; 2. Standart OSHA/SMK3, IR = (jumlah kecelakaan yang terjadi/Jumlah jam kerja)*200.000.[ Lanjut .. ] 06 /11 /09 13:35:43Rangkuman DiskusiBalon Meledak
Balon meledak ini sering terjadi karena ketidak-tahuaan user dalam menggunakan gas untuk mengisi balon. User lebih suka memakai gas Hidrogen (H2) yang sangat mudah terbakar dibanding dengan memakai gas Helium (He). Selisih harga yang jauh berbedalah yang menyebabkan user sering kali memilih Hidrogen dengan mengesampingkan faktor keselamatan. Setahu saya asosiasi produsen gas di Indonesia (Samator, BOC, UAP, AL dll) sudah melarang penjualan Gas Hidrogen untuk balon udara. User yang minim pengetahuan tentang aspek resiko dan keselamatan hanya memperhitungkan faktor harga ketika memilih Hidrogen. Ini yang menjadi masalah.[ Lanjut .. ] 20 /10 /09 13:30:31Rangkuman DiskusiSafe Riding
Kita tidak membutuhkan lagi tata cara mengendarai sepeda motor yang selamat di jalan raya, tetapi yang dibutuhkan adalah bagaimana caranya merubah perilaku-perilaku yang tidak aman ini. Dalam perilaku manusia dibentuk oleh dua faktor utama yaitu internal dan external, faktor internal ini adalah kata orang sudah bawaan bayi sedangkan faktor external lah yang sangat berpengaruh dalam merubah perilaku seseorang seperti keadaan lingkungan, pendidikan, dsb. Seseorang yang pada mulanya berperilaku baik oleh karena lingkungannya yang kurang baik maka lambat laun orang tersebut akan mejadi perilaku-perilaku yang tidak baik.


0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Lincah.Com - Mitsubishi Cars